Wako Erman Safar lepas 11 Orang PMR Bukittinggi Ikuti Jumbara Nasional 2023 di Lampung .

 


Bukittinggi, Integritas media.com – Walikota Bukittinggi Erman Safar melepas kontingen Palang Merah Remaja (PMR) Bukittinggi untuk mengikuti Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Nasional IX tahun 2023, Selasa (27/06/2023) di rumah dinas Wako Belakang Balok.

Kegiatan Jumbara Palang Merah Remaja (PMR) Nasional lX akan dilaksanakan di Taman Argo Wisata Way Handak kabupaten Lampung Selatan provinsi Lampung pada tanggal 2 sampai 10 Juli 2023, diikuti sekitar 4200 anggota PMR muda, madya dan Wira dari seluruh Indonesia, termasuk perwakilan dari negara-negara asing.

Wako Erman Safar berharap kontingen Kota Bukittinggi bisa mengharumkan nama kota Bukittinggi pada ajang Jumbara Nasional 2023, yang akan dilaksanakan di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung,” ujar wako,

“Saya mohon kepada seluruh peserta Jumbara PMR Nasional ke lX yang ikut dengan mengatas namakan kota Bukittinggi, mohon adik-adik/anak-anak berprestasi untuk kalian semua, khususnya Bukittinggi” ucapnya.

Ia mendorong kontingen Bukittinggi memanfaatkan Jumbara Nasional sebagai wadah saling berbagi pengetahuan dan pengalaman, keterampilan, dan berbagai hal positif lainnya.

Dengan demikian, lanjut Wako, diharapkan ke depan kualitas PMR Bukittinggi semakin baik, serta memiliki karakter kepalang merahan sejak dini, cerdas, kreatif, dan berjiwa sosial,”garapja

Siapa yang nantinya dapat pemuncak/juara, apakah piala atau piagam. akan saya berikan hadiah khusus untuk semua,” kata Erman Safar.

Wako juga berpesan kepada ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Bukittinggi H. Chairunnas bahwa, apapun hasilnya nanti, ia akan meminta laporannya.

Sementara itu, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) kota Bukittinggi, H. Chairunnas mengatakan, Kita ada 11 orang Peserta Jumbara PMR yang mewakili kota Bukittinggi dari 3 Kecamatan.

Dan yang istimewa ada satu orang anak kita PMR, ia masih usia sekolah dasar punya potensi/bakat bernyanyi, bermusik (piano) dan videonya sudah kita kirim ke PMI pusat Alhamdulillah ia masuk nominasi tingkat internasional,” ungkapnya

Hari ini kita telah melakukan pelepasan peserta Jumbara PMR yang dilepas langsung oleh Walikota Bukittinggi, dikarenakan besok hari raya idul adha jadi kita percepat hari ini, nanti nya kita akan berangkat dari sumbar pada tanggal 29/6 dan dari Padang kita akan dilepas oleh bapak gubernur,” imbuhnya.

Jumbara dikemas dalam bentuk berbagai kegiatan, dengan mengurangi sifat kompetisi atau lomba. Kegiatan lebih menekankan pada evaluasi bersama, dikaitkan dengan proses pembinaan PMR.

ia mengatakan , Jumbara bertujuan meningkatkan karakter kepalangmerahan, serta peran PMR dalam penerapan Tri Bakti PMR dan sebagai pendidik sebaya melalui pendekatan keterampilan hidup.

Lanjut dikatakannya, Bukittinggi mengirim 11 orang untuk mengikuti Jumbara Nasional 2023. Mereka terdiri dari PMR Mula, PMR Madya, PMR Wira, pendamping, serta pelatih.

Adapun jenis kegiatan Jumbara PMR tingkat nasional lX 2023, sesuai makna Jumbara yakni

Jumpa
Youth Station, Jurnalistik Remaja, Kewirausahaan Sosial, Remaja Tangguh, Sentra Kapasitas (lokakarya), Ngobrol bareng PMR (Red Talk Corner), International Youth Conference dan Hukum Humaniter Internasional untuk PMR.

Bhakti
Bakti masyarakat, bakti lingkungan, kewirausahaan sosial, pameran dan tukar hasil karya, media sosial dan Mading kontingen.

Gembira
Parade budaya, Jumbara Got Talent, Anjangsana, Wisata Edukasi, Youth in Action, Youth on stage olahraga, olahraga persahabatan wahana dan wahana kepalangmerahan.

Kontingen PMI Kota Bukittinggi yang mengikuti Jumbara 2023 di Lampung adalah Eni Revita SMPN 5 Bukittinggi dan
Rizka Maharani SDI Exelent Plus Bukittinggi sebagai pembina pendamping. Muhammad Rivaldi SMA 5 Bukittinggi, Gilang Angga Pratama SMPN5 Bukittinggi, Kaori Os Oasis MTsN 2 Bukittinggi, Nawal Momtaza
Zherezki Zhivano Alois SDI Exelent Plus Bukittinggi

Untuk keberangkatan tim didampingi kepala Markas PMI Kota Bukittinggi, Ahmad Jaiz, bersama staf dan relawan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama