(Pemkab) Padang Pariaman Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi

 


Pariaman,Integritasmedia.com - Dalam rangka meningkatkan minat baca dan literasi pada satuan pendidikan dasar dan pendidikan khusus serta masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan adakan "Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi" di Aula Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Kearpus), Pariaman, Senin (31/07/23).


Kegiatan sosialiasi yang dibuka Wakil Bupati (Wabup) Rahmang ini diikuti sebanyak 68 orang. Terdiri dari Wali Nagari, Kepala Sekolah, Pengelola perpustakaan sekolah dan Nagari se-Padang Pariaman, serta pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Delima Bandara.


Dalam sambutannya, Wabup Rahmang mengatakan kemampuan dan kegemaran membaca merupakan faktor penting dalam pengembangan wawasan, pola pikir dan pemahaman terhadap beragam konteks kehidupan masyarRamadan.


Upaya pembudayaan harus ditanamkan dan dilatih sedini mungkin serta dilakukan secara berkelanjutan. Sehingga dengan adanya kegiatan ini dapat memunculkan role model sebagai garda terdepan dalam meningkatkan budaya baca dan literasi di Padang Pariaman," terangnya.


Selain itu, Wabup Rahmang juga menjelaskan, berdasarkan hasil survey tingkat kegemaran membaca masyarakat Padang Pariaman pada Tahun 2022 masih berada pada level rendah.


Dengan demikian, tambah Rahmang kegiatan literasi dan penyediaan informasi pada perpustakaan akan mempunyai andil yang besar dalam menciptakan kemampuan literasi masyarakat. Sehingga dapat mengubah kualitas hidup yang menjadi lebih baik untuk mewujudkan Padang Pariaman berjaya.


Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Erman menyebut kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan pengelola perpustakaan untuk memajukan daya kunjung keperpustakaan. Dan tersedianya SDM pustakawan yang representative dan permanen di Perpustakaan.


Kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini, juga turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Anwar, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Hendri Satria. Sebagai narasumber Ketua TP PKK sekaligus Bunda Literasi Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur, dan Kepala Bidang Layanan, Otomasi dan Kerjasama Perpustakaan Provinsi Sumbar Taufik Ramadan

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama