Silaturahmi dengan Irzal Ilyas, Tokoh Masyarakat Bukik Tandang Kabupaten Solok Sampaikan Usulan Pembangunan Nagari

Solok, integritasmedia.com - SEJUMLAH tokoh masyarakat Nagari Bukik Tandang, Kecamatan Bukik Sundi, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, menemui anggota DPRD Sumbar, H. Irzal Ilyas Dt. Lawik Basa, Kamis (28/9/23).


Kedatangan tokoh masyarakat itu tidak hanya bersilaturahmi dengan mantan Walikota Solok tersebut, namun juga membawa usulan untuk pembangunan nagari Bukik Tandang.


Kedatangan tokoh masyarakat Bukik Tandang di kantor ILY di Lukah Pandan disambut hangat Irzal Ilyas dan jajaran. Selain turun ke masyarakat, Irzal Ilyas memang sengaja menghadirkan posko untuk menerima masyarakat.


"Pertama, kami menyampaikan terimakasih kepada Bapak Irzal Ilyas yang telah memperhatikan Nagari Bukik Tandang, termasuk pada masa Covid-19 kemarin," kata tokoh masyarakat Bukik Tandang, Yusti Randa.


Selain itu, tahun ini, Irzal Ilyas juga mengalokasikan dana pokok-pokok pikirannya di Nagari Bukik Tandang. Yakni berupa pembangunan irigasi tersier untuk mendukung sarana pengairan pertanian.


Walau demikian, masyarakat Bukik Tandang sangat berharap untuk lanjutan pembangunan embung Tabek Pacah. Menurut Yusti, embung tersebut menjadi harapan masyarakat sebagai sumber irigasi pertanian.


Dengan beroperasinya embung Tabek Pacah, tidak hanya akan dinikmati oleh masyarakat Bukik Tandang saja, namun juga sejumlah nagari lainnya yang ada di sekitar Bukik Tandang.


Embung tersebut sudah dibangun sejak 2011 silam masa presiden SBY. Kemudian lanjutannya pada tahun 2013, namun belum selesai selesai hingga kini. Selain itu, sudah ada juga bagian embung yang rusak termakan usia.


"Kami sudah beberapa kali mengajukan lanjutan pembangunan ke BWS Sumatera V, namun sampai saat ini belum ada respon. Kami sangat berharap embung bisa selesai dan bisa bermanfaat luas bagi masyarakat," imbuh tokoh lainnya, Busta Heri.


Menyikapi terhadap kedatangan tokoh masyarakat Bukik Tandang tersebut. Irzal Ilyas mengaku sangat senang. Menurutnya, memang sudah semestinya masyarakat menyampaikan aspirasinya kepada perwakilan di lembaga legislatif.


"Terimakasih atas kehadiran tokoh masyarakat Bukik Tandang sudah datang ke kantor kami. Sebuah kebanggaan, karena ada kepercayaan masyarakat terhadap kami untuk memperjuangkan pembangunan," kata Irzal Ilyas.


Terkait lanjutan pembangunan embung tersebut, Irzal Ilyas siap memfasilitasi ke pihak dinas terkait di Pemprov Sumbar. Menurutnya, jika memang menjadi kebutuhan mendesak, tentunya akan menjadi perhatian bagi provinsi.


"Saya tidak janji ini akan terealisasi cepat, tapi saya akan fasilitasi ke dinas terkait. Bantu dengan data dan kondisi embung serta rencana lanjutan pembangunan, sehingga nanti mudah untuk mengkomunikasikan," paparnya.


Dalam diskusi ringan dan santai itu, Irzal juga meminta masyarakat untuk tidak sungkan menyampaikan aspirasi ke anggota DPRD. Sudah menjadi keharusan bagi legislatif menjembatani kebutuhan masyarakat ke pemerintah.(tmi)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama