Irwan Basir : Anak Muda Itu, Harus Mampu Mengembangkan Jiwa Kewirausahaan

Irwan Basir Dt. Rajo Alam.(foto-koleksi IB)


Padang, integtitasmedia.com - "ANAK-anak muda sekarang tidak bisa hanya menggantungkan harapan untuk menjadi pegawai saja. Karena, populasi penduduk makin banyak dan penyediaan lapangan kerja kian kecil. Maka, jadilah orang-orang yang bermental wiraswasta, yang ulet dan bekerja keras", demikianlah tulis Irwan Basir, SH, MM Datuk Rajo Alam di beranda media sosianya, Selasa (24/10/23).


Mungkin, pesan ini disampaikannya untuk generasi muda agar dapat memanfaatkan setiap peluang dengan inovasi-inovasi yang bernilai ekonomis ditengah persaingan yang kian kompetitif.


Jiwa kewirausahaan, adalah jiwa yang mampu menciptakan nilai tambah dari keterbatasan dalam upaya menciptakan nilai ekonomis, dengan menangkap peluang bisnis dan mengelola sumber daya untuk mewujudkannya, pesan tersirat Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Padang itu.


Karena diketahui, seseorang yang memiliki jiwa wirausaha adalah seorang yang produktif. Mereka tidak akan pernah diam dan berpuas diri sehingga selalu menciptakan ide-ide baru setiap harinya. Dalam prosesnya, seseorang yang memiliki jiwa wirausaha selalu memanfaatkan waktu sebaik mungkin dalam bekerja.


Apalagi, di dunia ini tidak ada satu hal pun yang bebas resiko. Berani mengambil risiko, percaya diri tidak hanya bagi seorang wirausahawan/pembisnis, namun semua orang harus memiliki rasa percaya diri dalam melakoni hal yang dikerjakan dengan berani dan penuh perhitungan.


Jiwa Kewirausahaan merupakan jiwa kemandirian seseorang yang kemudian untuk mendapatkan penghasilan dengan membuka usaha yang dihasilkan dari kreativitas, inovasi, dan lain-lain kemudian selalu memiliki optimisme yang tinggi dalam melakukan segala hal, akhir pesan Datuak IP.(hendri)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama