Pemkab Solok Adakan Pelatihan Pengembangan Produk UMKM

Arosuka, integritasmedia.com - UNTUK meningkatkan mutu produk UMKM Kabupaten Solok, Pemkab Solok lakukan pelatihan pengembangan produk terhadap pelaku UMKM.


"Pelatihan itu sangat penting bagi pelaku UKM untuk meningkatkan kedisiplinan dalam menjaga mutu dan suplai produk jika ingin sukses dalam bisnis skala nasional," ujar Kepala Dinas Koperasi Perdagangan UMKM (DKPUKM) Kabupaten Solok, Ahpi Gusta Tusri Kamis (18/10/23).


Ahpi Gusta menilai, dijelaskannya memprioritaskan kemajuan UMKM bukanlah hal baru. Langkah-langkah strategis juga sudah dilakukan dari beberapa tahun ini.  Namun, ia tak menampik ada beberapa kondisi UMKM yang sulit untuk dikembangkan.


Dirincikannya, alasan pertama kenapa UMKM sulit berkembang yakni modal, ini alasan paling klasik. Pihaknya sudah menjembatani pelaku usaha dengan beberapa badan permodalan. Kemudian Bank sistem bunga rendah.


"Kalau untuk membantu tunai kita juga memiliki keterbatasan anggaran, tapi kita berikan bantuan operasional pada yang membutuhkan," katanya.


Selain itu, kualitas manajemen UMKM juga menjadi sorotan, hal ini tentunya diberikan pelatihan kepada UMKM. Lalu kemudian juga hal-hal non teknis berpengaruh, namun peran manajemen kerap disepelekan pelaku UMKM, sehingga banyak UMKM yang stagnan.


"Itulah fungsi kita, memberikan pelatihan-pelatihan agar pelaku usaha tersebut mengetahui cara yang benar dalam mengelola usahanya. Itu sehingga mereka tidak hanya berusaha dan berusaha tanpa memikirkan bagaimana kedepannya," sebutnya.


Selanjutnya, mengenai perhatian terhadap permasalahan modal, ia juga mengatakan bahwa pihaknya hanya bisa memberikan bantuan berupa peralatan dan perlengkapan produksi. Karena dengan sebanyak itu pelaku usaha tidak mungkin jika memberikan bantuan berupa modal.


Sementara Sekda Kab Solok Medison menyatakan, pemerintah Kabupaten Solok sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Dinas Koperasi Perdagangan UMKM (DKPUKM) Kabupaten Solok. Pihaknya mengajak pelaku usaha Kabupaten Solok agar pelaku UMKM terus berinovasi demi terarahnya program UMKM yang.


"Hal itu tentunya harus menyesuikan dengan situasi saat ini,  dan tetap terbuka menerima masukan dan pembinaan untuk penguatan dalam membangkitkan UKM," ujar Sekda.


Medison berharap,  dengan terlaksananya dan terarahnya program yang dilakukan pelaku UMKM di Kabupaten Solok. Dia meyakini perekonomian masyarakat bakal terus tumbuh dan berkembang dengan baik. "Dan engan semangat kebersamaan, akan semakin meningkat serta dapat mendorong perekonomian masyarakat," sebutnya.(tmr)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama