Sumbar Dilanda Kabut Asap Tebal, Athari Gauthi Ardi Hmbau, Pemilik Lahan Tidak Membuka Kebun Dengan Cara Membakar

Anggota DPR RI, Athari Gauthi Ardi.
(foto-ist)

Solok, integritasmedia.com - BERHUBUNG sejak beberapa minggu ini daerah Sumatera Barat mengalami serta dibungkus kabut asap yang cukup tebal. Kebakaran lahan disebut-sebut menjadi salah satu penyebabnya utamanya. Hal ini mendapat sorotan hangat dari anggota DPR RI, Athari Gauthi Ardi.


Menyikapi hal tersebut agar tidak berakibat besar khususnya di Wilayah Sumatera Barat dan sekitarnya. Yang akibatnya bakal membahayakan terutama bagi kesehatan warga. Athari Legislator muda asal daerah pemilihan Sumatera Barat tersebut menghimbau kepada masyarakat dan pemilik lahan agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.


"Karena kondisi seperti ini tidak bisa dibiarkan, karena bakal berimbas pada kesehatan masyarakat menjadi terancam. Untuk itu, dengan ketulusan hati, saya menghimbau kepada masyarakat maupun pihak terkait, agar tidak membakar lahan atau hutan kita yang ada di Sumatra Barat," pintanya.


Kalau mau buka lahan, lakukan dengan cara lain, kata Athari saat dihubungi awak media, Rabu (11/10/23).


Legislator muda tersebut menyayangkan perilaku oknum yang masih membuka lahan dengan cara dibakar. Ia pun menghimbau agar meninggalkan cara-cara lama tersebut. 


"Cukup disayangkan kenapa kebiasaan membakar hutan masih terus berlanjut. Padahal dampaknya sangat buruk bagi masyarakat. Bagi pemilik lahan mari bijaksana, tinggalkan cara-cara lama ini, kasihan masyarakat banyak dan anak-anak," paparnya.


Disamping itu Athari meminta agar  Pemerintah  menertibkan para pembakar hutan tersebut, sesuai  peraturan yang ada.


"Bagi yang masih nakal, kita minta ditertibkan. Baik itu perseorangan maupun perusahaan-perusahaan. Kita tidak ingin kabut asap ini berlarut-larut yàng berimbas bagi kesehatan masyarakat," tutupnya.(Tom)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama