Dinas Perhubungan Sosialisasikan keselamatan lalu lintas angkutan dan jalan


Limapuluhkota, Integritasmedia.com-
 Kamis (13/6/24) Dinas Perhubungan Propinsi Sumbar bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Limapuluhkota mengatakan kegiatan ini dilakukan di SMA dalam rangka memberikan wawasan tentang keselamatan berlalu lintas  dan memperkenalkan rambu-rambu lalu lintas pada masyarakat, khususnya siswa, karena siswa banyak menggunakan kendaraan bermotor roda dua untuk sekolah.



Lebih lanjut disampaikannya bahwa  Maksud dan tujuan dilaksanakan Sosialisasi ini  adalah untuk menanamkan pengetahuan dan menumbuhkan perilaku tertib ber lalu lintas. Dengan harapan masyarakat memahami tata cara berlalu lintas lintas dengan baik, mengenal rambu-rambu lalu lintas dengan baik dan benar sehingga dapat mengurangi resiko kecelakaan di masa datang.


Berdasarkan Survei, ada tiga faktor yang menjadi penyebab kecelakaan yaitu faktor manusia, kendaraan dan lingkungan. Faktor penyebab kecelakaan tertinggi adalah manusia (human error) yang disebabkan kecerobohan pengguna jalan, kurangnya pemahaman pengguna jalan terhadap tehnik berkendara, ketika berlalu lintas, dan minimnya kesadaran pengguna jalan terhadap keselamatan berlalu lintas. Dengan demikian penerapan pendidikan etika ber lalu lintas dan issue keselamatan sejak dini diharapkan dapat membentuk pola pikir dan karakter positif kepada masyarakat/siswa dalam berlalu lintas.

Di akhir sosialisasi, para narasumber mengajukan pertanyaan kepada para siswa/i, bagi siswa/i yg dapat menjawab diberikan hadiah berupa Helm yang d bagikan sebanyak 10 bh, ujar Darma.

Hadir dalam acara tersebut Kasat lantas Polres 50 Kota Iptu Riadi, Era Oktaviandi Kabid. LLPK Dishub Provinsi, Ridho Rinaldi BPTD Kls II Sumatera Barat, Rikie Jasa Raharja perwakilan Bk.(Ac Dt)





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama