Rida Ananda Harapkan Pramuka Payakumbuh Membangun Karakter Generasi Muda di Era Digital

 



Payakumbuh, Integritasmedia.com— Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Payakumbuh, Rida Ananda, mengharapkan Gerakan Pramuka dapat berperan aktif dalam membantu pemerintah daerah membangun karakter generasi muda Indonesia.

Harapan ini disampaikan Rida saat membuka secara resmi Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Gerakan Pramuka Kota Payakumbuh tahun 2024, yang digelar di Aula Ngalau Indah, Lt. 3 Balai Kota Payakumbuh, pada Minggu pagi (21/07/2024).

Sebagai Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) 0314 Gerakan Pramuka Kota Payakumbuh, Rida menegaskan pentingnya pramuka dalam mewujudkan anggota yang unggul, berkualitas, dan berkarakter.

“Gerakan pramuka harus bertekad untuk mewujudkan anggota Pramuka yang unggul, berkualitas, dan berkarakter dengan satya dan darmanya dalam memimpin diri sendiri, keluarga, maupun masyarakat,” ujarnya.


Rida mengingatkan bahwa saat ini generasi muda hidup di era digital, dimana segala sesuatunya bersifat digital dan teknologi informasi sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

“Begitu pula halnya dengan Pramuka yang diharapkan dapat menebar manfaat untuk masyarakat melalui teknologi, kembangkanlah sayap dengan teknologi,” pesannya.

Namun demikian, Rida juga menekankan pentingnya internalisasi nilai-nilai luhur kepramukaan melalui satya dan darma Pramuka di tengah gencarnya arus informasi.

“Dengan gencarnya arus informasi tersebut, Pramuka hendaknya juga dapat mempertajam proses internalisasi nilai-nilai luhur kepramukaan generasi muda,” tuturnya.

Rida menekankan pentingnya dukungan dan kerja sama antar jajaran untuk memastikan bahwa Pramuka terus menjadi organisasi yang relevan dengan zamannya.

“Dukungan dan kerja sama antar jajaran sangat diperlukan untuk memastikan bahwa Pramuka terus menjadi organisasi yang relevan dengan zamannya,” ucapnya.

Mengakhiri sambutannya, Rida mengajak para peserta Rakercab untuk memanfaatkan forum ini sebagai wadah memperkuat gerakan pramuka di Kota Payakumbuh.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Rakercab Gerakan Pramuka Kota Payakumbuh Tahun 2024 secara resmi saya nyatakan dibuka. Selamat bermusyarawah, semoga Allah meridhoi setiap langkah perjuangan kita,” pungkasnya.

Rakercab yang bertema ‘Mewujudkan Pramuka yang Unggul, Berkualitas, dan Berkarakter’ ini turut dihadiri oleh sekretaris kwarcab, andalan cabang gerakan Pramuka, pembina satuan, pengurus dewan kerja cabang, serta dewan ambalan se Kota Payakumbuh

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama