Pemko Payakumbuh Serahkan Bantuan Sosial bagi 347 KK dan Bantuan Peralatan Sekolah untuk 28 Anak

 

Payakumbuh,integritasmedis.com— Pemerintah Kota Payakumbuh kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menyalurkan bantuan sosial kesejahteraan keluarga kepada 347 Kepala Keluarga (KK) dan bantuan uang untuk peralatan sekolah kepada 28 anak. Penyerahan bantuan ini dilakukan oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno, di Aula Dinas Sosial Kota Payakumbuh, Kamis, (15/08/2024).

Dalam sambutannya, Suprayitno menegaskan bahwa bantuan ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memastikan kebutuhan pokok seluruh masyarakat Payakumbuh dapat terpenuhi.

“Disini pemerintah hadir untuk menjamin kebutuhan pokok semua masyarakat bisa terpenuhi. Makanya kami dari Pemko sangat mengharapkan, bantuan yang tidak banyak ini dapat betul-betul dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pokok Bapak Ibu semuanya,” ujar Suprayitno.

Ia juga menekankan pentingnya memastikan setiap anak di Payakumbuh mendapatkan akses pendidikan yang layak sebagai bagian dari visi menuju Indonesia Emas 2045.

“Melalui bantuan sosial ini, Pemko Payakumbuh ingin memastikan kebutuhan pokok masyarakat terpenuhi serta semua anak bisa mendapatkan pendidikan yang baik, untuk menuju Indonesia emas 2045 mendatang,” tambahnya.

Bantuan yang disalurkan mencakup total dana sebesar Rp.624,6 juta untuk kesejahteraan keluarga, dengan masing-masing keluarga penerima manfaat (KPM) menerima Rp.1,8 juta. Selain itu, bantuan uang untuk peralatan sekolah sebesar Rp.1,5 juta per anak diserahkan kepada 28 anak yang baru keluar dari kategori Kemiskinan Ekstrem, dengan total bantuan Rp.42 juta.

Suprayitno menyadari bahwa jumlah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) terbatas, namun Pemko Payakumbuh berkomitmen untuk terus membantu masyarakat kurang mampu.

Sebagian kita anggarkan melalui anggaran daerah, sebagian kita upayakan melalui bantuan dari pemerintah pusat dan provinsi. Selain itu, tidak tertutup kemungkinan masyarakat kita yang berkecukupan bisa menyalurkan dan mengeluarkan zakatnya melalui Baznas untuk membantu masyarakat kita keluar dari jurang kemiskinan,” jelasnya.

Kepala Dinas Sosial Kota Payakumbuh, Irwan Suwandi, juga menambahkan bahwa bantuan ini merupakan tahap pertama dari program yang akan terus berlanjut. “Ini merupakan bantuan tahap satu, dan ini akan terus berlanjut untuk mendorong masyarakat kita keluar dari kemiskinan,” katanya.

Dengan adanya bantuan ini, diharapkan masyarakat yang menerima dapat segera keluar dari kemiskinan dan masalah sosial yang dihadapinya, serta terus mendapatkan dukungan dari pemerintah untuk mencapai kehidupan yang lebih sejahtera.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama