Polres Tanah Datar diturunkan Bubarkan Demonstran Didepan Gedung Dekranasda Batusangkar. 


Batusangkar,IntegritasMedia.com

Polres Tanah Datar diturunkan untuk membubarkan para demonstran didepan jalan M.T Haryon depan gedung dekranasda, Batusangkar, pada hari Rabu, 21 Agustus 2024.


Kegiatan ini merupakan peragaan  SIPAM (Sistim Penaganan ) Kota Operasi Mantap Praja Singgalang Tahun 2024, dalam rangka pengaman Pemilihan Kepala Daerah di Wilayah Hukum ( Wilkum ) Polres Tanah Datar.


Hadir dalam acara ini, Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM, Wakil Ketua Sementara DPRD Tanah Datar Nurhamdi Zahari Dt. Indo Marajo Nan Bapayuang Ameh, Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf. Agus Priyo Pujo Sumedi, S.IP, MH, Kapolres Tanah Datar AKBP Derry Indra, S.I.K, Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar, Kepala Kejaksaan Negeri Tanah Datar,Ketua Pengadilan Agama Tanah Datar, Perwakilan KPU Tanah Datar, Bawaslu, Pimpinan OPD se-Tanah Dartar, Pejabat Utama Polres Tanah Datar, Kapolsek Sejajaran serta undangan lainnya.


KapolresAKBP, Derry Indra S.IK yang membuka secara resmi Simulasi SISPAM Kota mengatakan, " bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk melatih kesiap siagaan petugas dalam mempersiapkan pengamanan Pilkada Serentak 2024.


" Memasuki tahapan Pilkada 2024 situsi daerah kita saat ini masih dalam keadaan kondusif, akan tetapi kita berharap tentunya bahwa tindakan pencegahan akan lebih baik untuk mengatasi dan sebagai persiapan terhadap gangguan Kamtibmas". Ujar Kapolres Derry Indra.


Kapolres Derry juga berharap, " situsi Simulasi ini dapat berjalan secara nyata, seburuk apapun resikonya pengamanan yang akan dihadapi di lapangan nanti harus tetap dilaksanakan, sesuai dengan tahapan-tahapan yang sudah ditentukan mulai dari situasi hijau, kuning bahkan sampai dengan merah/anarkis.


Kapolres Derry juga berpesan kepada Personel yang bertugas agar senantiasa melaksanakan secara profesional sesuai dengan SOP (Standard Operasional Prosedur) yang telah ditetapkan.


"Laksanakan tugas secara profesional sesuai peraturan yang telah ditetapkan dalam Penanganan Permasalahan Pemilihan Kepala Daerah maupun Kamtibmas yang telah ditetapkan. SISPAM Kota ini sebagai bentuk kesiapan sekaligus langkah strategis untuk menjaga keamanan selama proses Pilkada berlangsung". Tambah Kapolres.


Lebih lanjut Kapolres Derry katakan "Simulasi SISPAM Kota ini juga merupakan Rangkaian Operasi Mantap Praja Singgalang Tahun 2024, sehingga dapat mengetahui potensi apa saja yang akan terjadi, selama pelaksanaan tahapan pengamanan. Pilkada Serentak tahun  2024. Dengan mengetahui potensi gangguan keamanan kita mengantisipasi dan dapat mengungkap kekuatan Kepolisian pada setiap eksklarasi yang ada.dalam  Kondisi apapun  kita harus senantiasa siap dalam pengamanan".


Kapolres Derry menerangkan, dalam Pengamanan Pilkada Serentak 2024 ini, Polres Tanah Datar menurunkan 2/3 kekuatan yang ada ditambah dengan rekan-rekan TNI dan kekuatan lainnya dengan jumlah total sebanyak 320 orang.


Di akhir penyampaiannya Kapolres menekankan 4 (empat) poin penting kepada peserta Simulasi SISPAM Kota Pilkada Serentak 2024 yaitu:


1. Serta harus mempersiapkan mental dan kesehatan serta koordinasi yang baik antar instansi untuk menciptakan Pilkada yang aman;


2. Laksanakan latihan dengan ikhlas, semangat, tanggung jawab dan ikuti prosedur agar memperoleh hasil yang maksimal;


3. Simulasi ini adalah bukti komitmen Polri dalam menjamin keamanan Pilkada Serentak 2024 khususnya di Kabupaten Tanah Datar; dan


4. Pentingnya memahami Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam langkah-langkah yang akan diambil, termasuk memastikan bahwa tindakan yang diambil sesuai dengan hukum dan peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (RI).


"Semoga AllahSWT senantiasa memberikan petunjuk dan kekuatan kepada kita dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada Masyarakat, Taruna dan Negara" pungkas Derry Indra.


Adapun peserta simulasi SISPAM Kota Pilkada serentak 2024 ini diantaranya: Personel Polres Tanah Datar, TNI Pol PP, Damkar, KPU dan Bawaslu.


Pewarta :  Bonar Surya



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama