BAWASLU TANAH DATAR GELAR " SOSIALISASI PENGAWASAN TAHAPAN KAMPANYE TAHUN 2024 "

 

Batusangkar,IntegritasMedia.com

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tanah Datar melaksanakan sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif netralitas ASN, TNI, Polri pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024, Selasa, 01 Oktober 2024.


Sosialisasi  tahapan kampanye Dalam Pemilihan Serentak Tahun 2024” ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan, seperti OKP, Bundo Kanduang, LKAAM, Kesbangpol, OPD, Ketua Parpol , PWI, KWRI, ASN, dan TNI/Polri.


Sosialisasi yang dilaksanakan di Emersia Hotel dan Resto Batusangkar mengundang pemateri Mara Frandis. S.kom dan Riki Eka Putra


Ketua Bawaslu Kabupaten Tanah Datar yang diwakili  Koordiv, P3S Al-Azhar Rasydin, SH. MH dalam sambutan sekaligus pembukaan tersebut menekankan pentingnya pemahaman serta pelaksanaan netralitas ASN dalam kegiatan ini. Dirinya berharap seluruh aturan dan panduan terkait netralitas ASN dapat disosialisasikan secara efektif hingga ke tingkat akar rumput.


“ASN harus tetap independen dan profesional dalam menjalankan tugas mereka, tanpa memihak kepentingan politik tertentu. Dan ASN mematuhi surat edaran terkait netralitas guna memastikan mereka tidak terpengaruh oleh kepentingan politik tertentu". Terangnya Al-Azhar


Dikatakan Al-Azhar, acara ini juga bertujuan memperkuat pengawasan partisipatif dari masyarakat dalam memantau netralitas ASN selama proses Pilkada berlangsung.


“Kegiatan ini merupakan langkah preventif untuk meminimalisir pelanggaran menjelang tahapan kampanye yang akan dimulai pada 25 September 2024 setelah pasangan calon ditetapkan ".  Ujarnya."


Disamping iti Ketua Bawaslu Sumbar Alkani, SH.Mkn, dalam arahannya mengatakan, " terkait dengan kampanye yang saat ini sedang berlangsung merupakan suatu kegiatan untuk menyakinkan pemilih dengan penyampaian visi dan misi paslon " . Kata Alkani


Selanjutnya ia menyampaikan konsep dari kampanye adalah proses kompetisi ataupun persaingan untuk mencapai pemenang pertama. Sebagai warga negara, maka siapapun paslon yang terpilih nantiknya, adalah pilihan kita bersama.


Apapun segi keuntungannya bagi kita merupakan sebuah catatan bagi kita bersama, dan itu adalah kewajiban bagi orang-orangvyang terpilih nantiknya untuk menjalankan amanah". Sampainya.


Pewarta : Bonar Surya




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama