Untuk Penguatan Perekonomian Masyarakat, Hendri Septa Selalu Populerkan Produk UMKM Anak Kemenakannya

Hendri Septa, Dt. Alam Batuah ketika mengunjungi stan UMKM di Festival Alek Nagari Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung.(foto-dok ist)


Padang, integritasmedia.com -  PENGHULU atau pangulu memegang peranan penting dalam adat Minangkabau. Bahkan, sampai sekarang penghulu masih dianggap sebagai pemimpin dalam kaumnya untuk selalu melindungi kepentingan anak kemenakan dan masyarakatnya.


Sebagai pemimpin, penghulu berkewajiban dan bertanggung jawab untuk memelihara anak kemenakan dan nagari. "kusuik ka manyalasaikan, karuah ka manjaniahkan" (kusut menyelesai-kan, keruh menjernihkan) itulah tugas penghulu. 


Peran dan tugas itu telah diambil dan dijalankan oleh Hendri Septa, Dt. Alam Batuah, selaku penghulu di Nagari Lubuk Begalung Nan XX, ungkap Syafrizal Koto salah seorang masyarakat Lubeg.


Menutnya lagi, lebih dari itu, dia (Hendri Septa) selama ini telah berada di garis terdepan dalam membina dan memberikan bimbingan kepada anak, kemenakan dan masyarakatnya, sehingga akan mendatangkan kebaikan dan kemajuan pada kampung.


Bahkan dia, terus mengangkat semua potensi Lubuk Begalung kampung halamannya itu. Termasuk di sektor ekonomi. Dimana, dia terus berupaya membangun perekonomian anak kemenakannya agar lebih mandiri melalui aktifitas dan produksi rumahan atau UMKM sesuai dengan kemampuan dan potensi yang dimiliki masyarakat.


Dia selalu mempopulerkan dan mengajak masyarakat untuk berbelanja produk-produk UMKM sebagai penguatan perekonomian masyarakat.


Hal tersebut terlihat jelas ketika Hendri Septa turut menghadiri Festival Alek Nagari Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung (Lubeg), pada Rabu (9/10/24) kemarin. Ketika itu, dia terlihat singgah kesemua stan UMKM yang ada untuk bersialog dan menyemangati mereka. Bahkan mencicipi olahan rumahan tersebut, jelasnya lagi.


Cara seperti ini dinilai akan cukup berhasil untuk pengembangan ekonomi masyarakat, mengingat pengaruhnya sebagai penghulu dan juga salah seorang tokoh masyarakat di Kota Padang, pungkasnya dengan yakin mengakhiri.


Selain Hendri Septa, kegiatan terrsebut turut dihadiri oleh niniak mamak dan tokoh masyarakat Kota Padang lainnya.(hendri)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama